in

Review Everlasting Summer, Gim Gratis Namun Fenomenal

Everlastingu Summer, Gim Memukau Sejuta Umat

Review Gim Everlasting Summer, “Fight For Semyon” Oleh Destmelkor Via Devianart

Apabila mendengar kata “Visual Novel”, maka yang terlintas di kepala sebagian besar orang – yang mengetahui apa “Visual Novel” itu – pastilah game-game cerita tentang percintaan, petualangan, fantasi, atau bahkan “eroge” yang diproduksi oleh orang/perusahaan Jepang dan/atau berlatar belakang di Jepang. Faktanya, Visual Novel non-Jepang memang bukanlah suatu hal yang lumrah. Meskipun di sejumlah platform seperti Steam dan Google Play Store terdapat sejumlah game Visual Novel non-Jepang, sebagian besar game-game tersebut merupakan produksi komunitas independen dan memiliki cerita, ilustrasi, serta gameplay yang lemah dan berkualitas rendah apabila dibandingkan dengan Visual Novel keluaran Jepang, yang mungkin turut disebabkan karena kurangnya minat pasar di luar Asia Timur terhadap Visual Novel. Namun, apakah ini berarti sama sekali tidak ada Visual Novel non-Jepang yang memiliki cerita yang menarik, kualitas yang bagus, dan popular sebagaimana halnya Visual-Visual Novel buatan Jepang?

              Jawabannya: Ada.

Pada tahun 2013, sebuah perusahaan pengembangan game indie asal Rusia, Soviet Games, merilis Visual Novel berjudul Everlasting Summer. Dalam cerita Visual Novel ini, sang protagonis yang bernama Semyon, seorang lelaki 25 tahun yang hidup menyendiri di apartemennya di sebuah kota besar di Rusia masa kini, suatu hari menemukan dirinya di sebuah kamp Pionir (semacam Pramuka) di suatu tempat di Uni Soviet pada pertengahan 1980-an dalam wujud dirinya yang berusia 17 tahun. Dalam hari-hari selanjutnya, pemain dituntut untuk membangun hubungan antara Semyon dengan para penghuni kamp tersebut, khususnya dengan para tokoh utama wanita yang dapat menjadi love interest sang protagonis, sembari menyaksikan upaya Semyon memecahkan misteri mengenai bagaimana dan mengapa ia bisa berada di kamp tersebut serta bagaimana caranya ia bisa kembali ke dunianya. Visual Novel ini memiliki 13 ending, sebagian merupakan happy ending dimana Semyon berhasil membangun hubungan percintaan – atau dalam salah satu rute, persahabatan – dengan salah satu tokoh utama wanita, dan lainnya dapat dikategorikan sebagai neutral hingga bad ending.

Everlasting Summer Gameplay Via Steam

Terdapat 6 tokoh utama wanita yang dapat menjadi love interest dalam Visual Novel ini, yaitu Slavya, Lena, Alisa, Ulyana, Miku, dan satu tokoh misterius yang bisa dijumpai sesudah menyelesaikan semua ending. Kelima tokoh memiliki sifat yang berbeda-beda, namun kesemuanya memiliki kesamaan yaitu sifat lain yang tersembunyi yang akan semakin tampak dalam progress permainan lebih lanjut. Tiap-tiap rute memiliki ceritanya masing-masing yang mengandung keunikan tersendiri sehingga sulit untuk menentukan mana rute yang terbaik, namun dengan pengecualian rute final – dimana sang tokoh wanita misterius akan muncul – dan rute dimana sang protagonis tidak memperoleh satupun tokoh utama wanita (ya, ada rute seperti itu di game ini), tiap-tiap rute memiliki unsur-unsur yang biasa ditemukan pada Visual Novel Jepang pada umumnya, seperti protagonis yang lugu, tokoh yang malu-malu kucing, tsundere, yandere, idol, dll.

Untuk bisa menjalin hubungan dengan salah satu tokoh, pemain harus memenuhi sejumlah relationship point minimum yang bisa diperoleh dengan mengambil sejumlah pilihan tertentu. Tergantung setiap pilihan yang diambil, relationship point bisa bertambah atau berkurang, dan jumlah relationship point pada akhir cerita akan menentukan apakah ending yang didapat merupakan happy ending atau bad ending. Sayangnya, pemain tidak bisa memastikan secara langsung berapa relationship point yang didapat – atau dikurangi – dari setiap pilihan dan pilihan mana yang menghasilkan relationship point untuk tokoh wanita tertentu, kecuali dengan menggunakan Guides yang tersedia di Steam Community. Namun, terutama bagi pemain yang tidak menyukai bermain dengan menggunakan Guides, hal ini merupakan suatu kelemahan, karena dapat menghilangkan unsur kejutan dalam cerita dan mengurangi tingkat keseruan yang diperoleh saat bermain.

Everlasting Summer GTA Parodi Oleh mistershellz Via Warosu

 Salah satu keunggulan terbesar Visual Novel ini adalah gaya artistiknya yang sangat memukau. Berlainan dengan game Visual Novel indie pada umumnya, yang memiliki ilustrasi yang cenderung terasa kasar dan mentah, Everlasting Summer memiliki ilustrasi yang indah, mendetail dan menyejukkan mata, terutama pada ilustrasi latar belakang, yang keindahan dan kedetailannya mengingatkan pada ilustrasi latar belakang film-film Makoto Shinkai seperti The Garden of Words dan Your Name. Para tokohnya pun dibuat dengan penggambaran yang sangat baik dalam segi visual, dimana penggambaran sosok para tokoh dibuat dengan sangat teliti dan menyerupai penggambaran sosok tokoh-tokoh pada Visual Novel Jepang seperti Under One Wing, maupun dalam segi karakteristik, dimana para tokoh digambarkan memiliki sifat yang bervariasi dan mengandung elemen kejutan yang berpengaruh besar pada plot. Cerita Visual Novel ini sendiri cukup kaya dan tidak terbatas pada masalah percintaan atau interaksi sehari-hari saja, tapi juga meliputi topik-topik yang tergolong “berat” untuk standar Visual Novel seperti filosofi Arthur Schopenhauer, krisis eksistensial, dan perjalanan ruang dan waktu. Namun semua itu dipresentasikan dengan gaya yang menarik dan tidak membosankan. Game ini juga dilengkapi dengan penjelasan khusus mengenai beberapa elemen dalam cerita yang dapat menimbulkan kebingungan bagi pemain non-Rusia, seperti penyebutan nama atau referensi budaya, yang ditampilkan tanpa mengganggu visual permainan.

Keunggulan lain Everlasting Summer, yang bagi saya merupakan data tarik terbesarnya, adalah bahwa game ini sepenuhnya GRATIS (Serius!) dan tidak memerlukan koneksi internet untuk dimainkan. Ukurannya juga tergolong ringan untuk standar Visual Novel dengan gaya artistik berkualitas tinggi serta durasi cerita yang panjang (versi yang saya miliki di HP berukuran sekitar 500 MB, lebih ringan ketimbang Under One Wing, yang kualitasnya cukup setara, yang berukuran sekitar 1.3 GB). Everlasting Summer juga dilengkapi dengan fitur “Mods & User Scenario”, yang memungkinkan publik untuk menambahkan dan memainkan cerita fanart Everlasting Summer, yang bisa diakses dengan menambahkan Mod pada versi PC, atau menggunakan aplikasi “ES Mod Installer” pada perangkat mobile. Everlasting Summer sendiri memiliki banyak Mod, termasuk Mod resmi yang dikeluarkan oleh Soviet Games (dan sudah termasuk dalam bawaan game), dan meskipun hanya beberapa yang menggunakan Bahasa Inggris, satu Mod, berjudul Samantha (tentang pertemuan tokoh protagonis dengan Samantha Smith, gadis asal Amerika Serikat yang benar-benar ada di dunia nyata dan dikenal sebagai duta perdamaian yang mengunjungi Uni Soviet pada tahun 1983) memiliki cerita yang menarik dan patut mendapat perhatian.

Everlasting Summer menggunakan mesin Ren’py yang juga digunakan oleh sejumlah game Visual Novel ternama seperti Doki-Doki Literature Club, Katawa Shoujo, Fault Milestone One & Two, serta serial Jisei. Everlasting Summer tersedia pada platform Windows, Apple, Linux, dan Android, serta tersedia dalam Bahasa Inggris, Rusia, Spanyol, Italia, dan Tiongkok (Aksara Han Sederhana). Berikut merupakan spesifikasi minimum yang diperlukan oleh sistem Windows, Apple Mac Os, dan Linux untuk dapat menginstal game ini, sebagaimana dikutip dari Steam:

Windows Apple Mac Os X Steam OS + Linux
  • OS: Microsoft® Windows® XP/Vista/7/8/8.1/10
  • OS: MacOS
OS: Linux
  • Processor: Pentium® 4 1.5 GHz / Athlon® XP
  • Processor: Pentium® 4 1.5 GHz / Athlon® XP
  • Processor: Pentium® 4 1.5 GHz / Athlon® XP
  • Memory: 512 MB
  • Memory: 512 MB RAM
  • Memory: 512 MB RAM
  • RAM Graphics: DirectX® 9.0c compatible
  • Graphics: DirectX® 9.0c compatible
  • Graphics: DirectX® 9.0c compatible
  • Storage: 877 MB available space
  • Storage: 877 MB available space
  • Storage: 877 MB available space
  • Sound Card: DirectX® 9.0c compatible
  • Sound Card: DirectX® 9.0c compatible
  • Sound Card: DirectX® 9.0c compatible

Meskipun tidak ada catatan mengenai spesifikasi minimum yang diperlukan untuk versi mobile, berdasarkan pengalaman saya, saya dapat memainkan Visual Novel ini – ditambah dengan Mod-Mod yang keseluruhan ukurannya sama dengan 1,5 kali ukuran aslinya – pada perangkat mobile dengan spesifikasi RAM 2.0 GB dan Memori Internal 16 GB dengan lancar. Jadi, bisa dikatakan bahwa Visual Novel ini dapat dimainkan di perangkat mobile dengan ukuran RAM sekurang-kurangnya 2 GB (dan saran saya, perlu menyediakan ruang penyimpanan setidak-tidaknya 1 GB).

Secara umum, Everlasting Summer memiliki penerimaan yang sangat positif. Steam mencatat status review Visual Novel ini sebagai Overwhelmingly Positive, Visual Novel Database memberikan rating 7,06/10 (Bagus), dan Google Play Store mencatat bahwa Visual Novel ini telah diunduh oleh lebih dari 1 juta pengguna dengan rating 4,8/5,0. Saya sendiri sudah memainkan Everlasting Summer sejak 2017, dan telah menamatkan seluruh rute Visual Novel ini berkali-kali, dan saya bisa mengatakan, bahwa kualitas Visual Novel ini sangatlah bagus (terutama untuk sebuah produk Indie gratis!) dan sulit untuk merasa bosan dengan Visual Novel ini. Jadi saya percaya, cukup adil untuk memberikan rating 9.8/10 untuk game ini (saya takkan membantah, Visual Novel ini masih memiliki kekurangan. But the good side, in my opinion, far exceeds its shortcomings).

Note:

Visual Novel ini memiliki unsur adegan dewasa. Namun, versi yang dapat didownload pada Steam, Google Play Store, dan Apple Store umumnya merupakan versi dimana gambaran visual adegan 18+ telah dihilangkan. Untuk mengembalikan bagian yang telah dihilangkan tersebut, kalian dapat mengunduh patch khusus melalui internet.

What do you think?

47 points
Upvote Downvote

Written by Alif Imam

Konflik AS-IRAN, Akankah Menjadi Perang Dunia III?